Selasa, 04 Desember 2012

Tugas TPP



TUGAS TEKNOLOGI PUPUK dan PEMUPUKAN
“Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik pada Pertumbuhan Vegetatif,Pembungaan dan Kandungan Kimia pada Pertumbuhan Tanaman Matthiola incana dibawah Irigasi Air Garam”

Disusun oleh:
PIPIT WAHYUNI
115040213113005

http://akademikfp.staff.ub.ac.id/files/2010/06/logo-FP-UB-dengan-dasar-putih.jpg

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
KEDIRI
2012
Abstrak
Sebuah percobaan pot yang dilakukan pada th 2008-2009 di pusat penelitian nasional, untuk mempelajari efek laju Nile kompos (0,100 dan 200 g/pot) pada pertumbuhan vegetatif,pembungaan dan kandungan kimia pada pengairan tanaman Matthiola incana dengan 3 konsentrasi air garam (1000,2000,dan 3000 ppm).
 Latar Belakang
Matthiola incana L adalah tanaman tahunan yang berumur pendek,banyak ditemukan di daerah tebing berbatu dan dataran kering.Dari jumlah total 391 hektar tanah di dunia 3,1 % adalah hasil salinitas alami.Salinitas terjadi melalui proses alami atau disebabkan oleh manusia yang menghasilkan akumulasi garam terlarut dalam air tanah ke tingkat yang menghambat pertumbuhan tanaman. Penambahan bahan organik dari sumber yang berbeda, untuk memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah dan akibatnya meningkatkan produktivitas. Selain itu pupuk organik (Nile kompos) dapat dikenal untuk meningkatkan kandungan organik dalam tanah. Nile kompos adalah kompos yang terbuat dari sisa tanaman.
 Tujuan
Percobaan ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh tingkat yang berbeda dari lambatnya melepaskan pupuk organik (Nile kompos) pada pertumbuhan dan kandungan kimia pada irigasi Matthiola incana L. dengan berbagai tingkat air garam.
Bahan dan Metode
Bahan  : Tanah,Biji Matthiola incana L,Nile kompos,Kristalon,Salinitas,Air keran,Pot.
Metode : Biji ditaburkan pada 15 Oktober di dua musim. Sampel tanah yang sama dikemas dalam pot 30 cm dan diameter 30 cm yang berisi 10 kg tanah, 3-5 biji/pot. Nile kompos dicampur dengan tanah pada tiga tingkat comp1, comp2, & comp3 (0,100 dan 200 gm / pot) sebelum budidaya. Disemprot dengan kristalon (NPK 19:19:19) pada tingkat 5,0% g / pot dibagi dalam tiga dosis, setelah 4,8,16 minggu dari tanam. Tiga tingkat salinitas disiapkan (1000,2000, dan 4000 ppm) dengan menambahkan campuran natrium klorida dan kalsium klorida dengan berat rasio (1:1) untuk mengairi bibit. Air keran digunakan untuk control. Dilakukan 2 kali dalam seminggu.
Hasil dan Pembahasan
Karakter pertumbuhan            :Parameter pertumbuhan Matthiola incana dipengaruhi oleh nilai tertinggi dari panjang batang, akar dan jumlah daun akibat pemupukan tanaman dengan Nile kompos (200 g) tanah berpasir. Pemupukan dengan tingkat Nile kompos di bawah tekanan salinitas,meningkatkan semua karakter pertumbuhan sebelumnya, dibandingkan dengan tanpa kompos.
Karakteristik pembungaan      :Penambahan Nile kompos didua tingkat meningkatkan semua parameter pembungaan.Bahwa efek depresi salinitas pada karakter pembungaan dan kegiatan fisiologis dapat dikurangi sampai batas tertentu, dengan penambahan Nile kompos ke tanah.
Chemical compotition             :Pengaruh interaksi Nile kompos (200g) adalah efektifitas pigmen di bawah irigasi dengan air garam 1000 ppm. Aplikasi Nile kompos di 100 atau 200 g / pot merangsang konsentrasi dan isi N, P, dan K pada tanaman.Kandungan Salinity pada 3000 ppm memberikan nilai persentase terendah dari N, P, dan K dan serapan.
Kesimpulan
Dari percobaan yang telah dilakukan,dapat disimpulkan bahwa aplikasi pupuk organik (Nile kompos) menurunkan efek bahaya salinitas dan memiliki efek menguntungkan pada pertumbuhan, pembungaan dan kandungan  kimia vegetatif pada  tanaman Matthiola incana L. Sehingga bisa direkomendasikan untuk aplikasi tanaman Matthiola incana L tumbuh di daerah irigasi dengan air garam, dengan Nile kompos untuk mengatasi efek merusak dari salinitas.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar