Selasa, 04 Desember 2012

Insektisida



TUGAS PRAKTIKUM TEKNOLOGI PRODUKSI PERTANIAN
“ Insektisida Marshal 200 EC,Prevathon 50 SC dan Mipcindo 50 WP”

Disusun oleh:
PIPIT WAHYUNI
115040213113005

http://akademikfp.staff.ub.ac.id/files/2010/06/logo-FP-UB-dengan-dasar-putih.jpg

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
KEDIRI
2012

1. MARSHAL 200 EC
MARSHAL 200 EC adalah Insektisida berbahan aktif Karbosulfan 200,11 gr/lt berbentuk pekatan kuning muda jernih yang dapat diemulsikan dalam air,yang artinya setiap 1 liter MARSHAL 200 EC mengandung 200,11 gram Karbosulfan.Sedangkan kepanjangan dari EC adalah Emulsifiable Concentrate atau Berbentuk cairan pekat,yang memiliki arti yaitu jika pestisida ini dicampur air akan membentuk emulsi atau cairan keruh. Insektisida ini sangat efektif untuk mengendalikan kumbang Apogonia, Ulat kantong, Kutu daun (Aphis sp.), Lalat bibit, hama rayap dan ulat grayak. Untuk tanamannya antara lain kelapa sawit, cengkeh, cabe, kedelai, tanaman karet, bawang merah dll.
MARSHAL 200 EC termasuk insektisida racun lambung dan kontak,yang artinya disebut lambung apabila serangga tersebut memakan tanaman tersebut dan masuk kelambung sehingga sistem kerja dari insektisida tersebut menyerang lambung serangga itu sendiri, sedangkan disebut kontak apabila serangga memakan tanaman yang sudah disemprot insektisida tersebut tetapi belum sampai dikunyah serangga sudah mati.Aplikasinya sangat mudah dengan cara spraying atau fogging segera setelah diketemukan larva dengan dosis 0,5 -2 cc/lt  dengan interval 2 minggu sekali hingga serangan OPT terkendali dengan baik.
                                                                                                ( Anonymous,2012)
2. Prevathon 50 SC
Prevathon 50 SC adalah Insektisida terbaru untuk tanaman kacang panjang dan cabai,memiliki kandungan kimia relatif aman terhadap manusia, mamalia, ikan, dan serangga berguna seperti lebah penyerbuk. Nama belakang SC itu sendiri adalah kepanjangan dari Soluble Concentrate yang artinya pekatan yang dapat larut.Sedangkan kandungan bahan katif dari Prevathon 50 SC adalah Klorantraniliprol 50 g/l yang artinya setiap 1 liter Prevaton 50 SC mengandung Klorantranilipol sebanyak 50 gram.
Merupakan insektisida racun lambung dan kontak yang bekerja secara translaminar berbentuk cair berwarna putih yang dapat disuspensikan dalam air.Insektisida ini khusus untuk hama tanaman kacang panjang jenis pengorok daun (Liriomyza huidobrensis), dan penggerek polong (Maruca testulalis). Selain itu juga untuk hama tanaman cabai jenis ulat grayak (Spodoptera litura). "Sistem kerjanya mengganggu syaraf lambung ulat. Sehingga hanya dalam waktu 7 menit, aktivitas makan ulat akan berhenti untuk selamanya.
                                                                                    ( Anonymous,2011 )
3. Mipcindo 50 WP
Mipcindo 50 WP adalah insektisida dengan bahan aktif MIPC 50%, merupakan insektisida karbamat yang memiliki daya kerja sebagai racun kontak dan racun lambung untuk mengendalikan hama pada tanaman. Yang berbentuk tepung yang mudah dicampur dengan air sehingga membentuk suspensi, mengandung bahan aktif MIPC yang memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan insektisida lain. Kepanjangan WP itu sendiri adalah Wettable Powder yang memiliki arti  pestisida berbentuk tepung yang basah, sehingga jika dicampur dengan air tepung tidak mengambang pada permukaan atau tepung yang dapat disuspensikan atau dipastakan dalam air.
Mipcindo 50 WP merupakan racun kontak dan racun lambung dimana serangga hama akan mati bila terkena semprotan secara langsung, bersentuhan dengan bagian tanaman yang disemprot, atau setelah memakan daun/bagian tanaman yang disemprot. MIPCINDO 50 WP mengendalikan beberapa jenis hama yang berupa ulat, kutu, kepik, belalang dan sebagainya terutama dari ordo Lepidoptera, Hemiptera, Homoptera dan Coleoptera.
                                                                                                ( Anonymous,2012)




DAFTAR PUSTAKA

Anonymous, 2012. Pestisida Marshal 200 EC.

Anonymous, 2011. Prevathon 50 SC.

Anonymous, 2012. Insektisida sistemik Mipcindo 50 WP.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar